welco-me!

welco-me!

Senin, 26 Desember 2016

Dunia Psikologi dan Tekhnologi Internet

Dampak Selebgram Terkait Aspek Psikologis dari Individu Pengguna Internet.


Saat ini semua kalangan remaja, bahkan dari usia yang atas sampai bawah rasanya tidak afdol apabila tidak memiliki akun sosial media. Salah satu contoh akun SosMed yang biasanya dimiliki adalah Instagram. Instagram sendiri merupakan media untuk membagi foto-foto yang ingin kita tunjukan kepada orang yang sudah menjadi teman kita (followers) di Instagram. Contohnya seperti saya, saya mempunyai akun Instagram yang isinya setiap hari beraneka ragam dari mulai orang mem-post foto makanan, foto dirinya sendiri / selfie, bahkan foto tentang pemandangan alam yang akan membuat kita berdecak kagum ketika melihatnya.


Yang menarik dari dalam Instagram ini adalah julukan "selebgram" bagi orang-orang tertentu. Apa itu selebgram? Masuk ke topik mencari tau apa itu selebgram, selebgram itu kepanjangan dari Selebriti Instagram. Dan pengertian dari Selebgram sendiri adalah orang-orang yang memiliki akun instagram yang pandai mengeksiskan dirinya atau akun instagram nya tersebut (booming). Seperti yang banyak kita jumpai ada banyak yang bisa dilakukan agar akun instagram terkenal, seperti kita mem-post foto pribadi ke instagram dengan gaya unik dan menarik yang dapat mendatangkan banyak followers dan mendapatkan like sebanyak mungkin, kemudian membuat nama akun yang kedaerahan dan biasanya user yang pake nama daerah akan cepat mendatangkan followers. Atau bisa juga dengan mem-post hal hal yang sebenarnya tidak pantas untuk ditunjukan, itu semua agar dia mendapatkan perhatian dan juga like atau pun followers yang banyak sehingga membuat dirinya mendapatkan julukan "selebgram" secara tidak langsung.

Beberapa bulan yang lalu sedang ada kasus fenomena Selebgram yang pastinya hampir semua orang ketahui, siapa yang tidak tau @Awkarin? Dia sempat berpacaran dengan @GagaMuhammad yang menghebohkan dengan postingan foto-foto gaya pacaran mereka yang terlalu kelewat batas. Tidak hanya foto yang melenceng bahkan kata-kata yang digunakan dalam keseharian mereka sangat tidak baik yang seharusnya tidak ditunjukan di media sosial.

Lalu disini saya akan membahas bagaimana kaitan mengenai Aspek Psikologis dari Individu Pengguna Internet.
Semua yang kita lakukan tentunya mengandung dampak positif ataupun negatif bagi orang lain. Tentu saja Selebgram yang sering kita jumpai di media sosial mempunyai pengaruh yang cukup besar bagi diri kita atau pun anak-anak dibawah umur yang masih perlu bimbingan orang tua. Anak-anak yang masih belum bisa memilih mana yang benar atau yang salah bisa saja terjerumus mengikuti perkembangan kehidupan selebgram yang negatif. Tapi saya tidak bilang bahwa menjadi selebgram tidak ada dampak postifnya, tentu ada. Apabila mereka bisa menggunakan media sosial menjadi tempat untuk berbagi informasi bermanfaat, atau untuk menunjukan hal yang baik tetentunya ini tidak akan meresahkan masyarakat yang aktif dalam dunia jejaring sosial. Namun akan beda cerita lagi apabila seorang selebgram mem-post foto foto yang tidak layak untuk dilihat seperti menggunakan baju yang terlalu minim tidak pada tempatnya atau tidak sesuai aturan, lalu foto-foto yang mempunyai pose terlalu vulgar atau tidak pantas dilihat bagi anak yang belum mengerti cara menggunakan media sosial itu sendiri.

Peran orang tualah yang sangat penting dan dianjurkan sekali dalam masalah seperti ini, karena apabila orang tua tidak dapat mengajarkan kepada anak mereka mana yang harus atau yang tidak boleh dicontoh maka anak-anak akan dengan bebasnya mengikuti orang lain tanpa melihat sisi positif atau negatifnya terlebih dahulu.
Di zaman sekarang ini banyak anak kecil yang sudah berani berkata kasar atau yang tidak patut didengar seharusnya, ini juga termasuk dari dampak penggunaan media sosial contohnya para selebgram yang menjadi panutan mereka.
Namun hal ini tentunya balik lagi kedalam diri masing-masing, kita harus dapat pintar memilah memilih jangan sampai terjerumus kedalam lubang hitam. Karena media sosial benar-benar menguasai dunia saat ini dan akan berdampak besar bagi kehidupan kita.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar